MUDAH MENULIS DENGAN METODE FREE-WRITING

Posted: Maret 3, 2012 in Uncategorized

menulis memang sering menjadi momok mengerikan terutama bagi para civitas akademika. baik karya ilmiah sejenis makalah kuliah maupun karya ilmiah sebagai tugas akhir dalam mencapai jenjang pendidikan yang diharapkan, seperti skripsi, thesis dan disertasi. banyak orang merasa kesulitan terutama dalam merangkai kata dan kalimat dalam karya tulis, sehingga membuat tulisan satu lembar saja membutuhkan waktu yang sangat lama. bahkan mungkin sampai satu minggu hanya untuk menulis sedikit saja. 

free-writing ini dikembangkan oleh beberapa motivator ulung dan para penulis best seller di eropa dan amerika, dimana kita menulis semua yang ada dalam pikiran kita tanpa harus menentukan terlebih dahulu tema ataupun judul yang akan kita tulis. kita hanya menuangkan apa yang ada dalam pikiran, terlintas saat kita dalam keadaan menulis dan tidak berkaitan dengan sesuatu apapun yang sebelumnya kita ingin menuliskannya. 

meminjam istilah bapak hernowo hasim : kita memindahkan pikiran kita dari otak kedalam tulisan.

itulah free-writing yang menjadi salah satu jalan untuk melatih kita menulis. karena tulisan tidak selalu ilmiah dan bahkan tidak harus selalu mempunyai referensi yang membuat kita berat untuk menulis. 

tujuan dari free-writing ini tidak lain adalah melatih diri kita untuk bisa dengan lancar menuliskan apa yang kita ingin tulis tanpa merasa berat dengan isi yang harus dikita cari. 

kita dilatih menulis setiap saat setiap waktu sehingga tulisan dan ide yang kita rasakan akan semakin baik dan berkualitas, sehingga nantinya diharapkan akan mampu menuliskan ide yang baik dan bermutu tanpa merasa kesulitan dalam mencari bahan tulisan.

melatih tulisan dengan free-writing tentu saja tidak akan berjalan jika kita tidak melatih diri untuk melakukan mind-mapping. yaitu menuliskan setiap ide yang ada dalam otak kita dengan spontan, apa yang terlintas dalam diri kita dengan segera kita tuliskan dalam secarik kertas tanpa harus saling berkaitan atau tersusun rapi dalam satu paragraph.

mind-mapping akan menjadi bekal utama dalam mengembangkan tulisan dari ide yang kita miliki. sehingga tulisan kita akan kaya dengan ide-ide yang membuat kita enjoy untuk menulis. apapun itu yang kita tulis. apapun itu yang kita pikirkan. 

perlu diingat bahwa ini adalah salah satu metode untuk berlatih menulis. bukan berlatih menulis karya ilmiah, nantinya setelah kita mampu dengan santai menulis apapun ide yang kita miliki, maka menulis karya ilmiah akan mudah dan sangat menyenangkan.

selamat mencoba.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s